Tuesday, December 12, 2006

art or photography?

gw bingung.

apa fotografi itu suatu bentuk seni?

Kalau memang itu adalah seni, mengapa harus dinilai oleh orang lain? Seni lebih dimengerti oleh orang peng-karya-nya (sebutan gw untuk seniman). Bener, kan?

Sebetulnya, ada sebagian dari fotografi itu yang bisa dinilai oleh orang banyak, yang dimengerti oleh orang banyak. Tapi, menurut gw, tetep aja ada bagian tertentu dari fotografi yang hanya bisa dimengerti oleh pengkarya itu sendiri. Atau mungkin fotografi yang demikian tidak mencerminkan fotografi itu sendiri? Mungkin itu hanya suatu hasil dari kamera yang secara langsung membuat orang berfikir itu adalah fotografi? Padahal mungkin tidak memenuhi kaidah dari fotografi dan prinsip-prinsip standarnya? Memiliki makna dan sebagainya? Bagaimana dengan orang yang suka melihat sesuatu yang menarik tanpa harus memikirkan makna dibalik itu? I'd call it art, and I took it with my camera, and I'll call it photography.

Don't call me shallow. It's just me and my peculiar attitude. And I'll do what I want.

Yah, memang art itu ada maknanya.. but let's just say I do what I want, and I name it art.

Untuk hal ini, gw perlu opini banyak orang, oleh karena itu, post ini bakal gw taro di smua blog gw.. so don't get fed up with this post. thank you.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home